Berita hari ini: Selasa, 11 Juli 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Foto oleh Claudio Peri/EPA

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 11 Juli 2017.

Presiden segera terbitkan Perppu pembubaran ormas

Ketua PBNU Said Aqil Siradj. Foto oleh Fanny Octavianus/ANTARA.

Ketua PBNU Said Aqil Siradj. Foto oleh Fanny Octavianus/ANTARA.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah menyiapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) untuk membubarkan ormas anti Pancasila.

"Pembubaran ormas radikal insyaallah besok, ini langsung ditandatangani akan diumumkan," kata Said Aqil di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Namun, Aqil tidak menjelaskan detail Perppu yang menurutnya sudah ditandatangani Presiden Jokowi tersebut. Ia juga tak menyebutkan ormas mana saja yang dibubarkan melalui Perppu ini. Baca berita selengkapnya di sini.

KPK umumkan tersangka baru kasus KTP Elektronik bulan ini

Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto Wahyu Putro A/ANTARA

Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto Wahyu Putro A/ANTARA

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan pihaknya akan mengumumkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pada proyek pengadaan KTP Elekronik.

"Gelar perkara sudah dilakukan, sudah diputuskan, mungkin segera akan diumumkan (tersangka baru)," kata Agus di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa 11 Juli 2017.

Agus mengatakan pengumuman tersangka baru tersebut kemungkinan akan dilakukan bulan ini. Namun ia enggan merinci kapan persisnya pengumuman tersebut akan dilakukan. “Ya, bulan ini. Nanti, tunggu saja," katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

KPK panggil Ketua Pansus Hak Angket Agun Gunandjar

Ketua Pansus Hak Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa (ketiga kiri) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/7). Foto oleh Agus Bebeng/ANTARA

Ketua Pansus Hak Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa (ketiga kiri) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/7). Foto oleh Agus Bebeng/ANTARA

Anggota Komisi I DPR sekaligus Ketua Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa memenuhi pemanggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pada proyek pengadaan KTP Elektronik.

“Saya seharusnya memenuhi panggilan pada 4 Juli yang lalu, namun karena tugas DPR selaku Ketua Pansus saya tidak bisa memenuhi panggilan tersebut dan untuk itu saya mengirim surat," kata Agun saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

Agun mengatakan pemanggilannya kali ini untuk memberikan keterangan untuk tersangka Andi Narogong. Menurutnya, ia tak mengenal Andi Narogong dan tidak terkait proyek pengadaan KTP Elektronik.

"Saya kira terkait dengan BAP yang sudah saya jalankan pada kasus Irman dan Sugiharto, bahkan saya sudah memberikan keterangan di bawah sumpah bahwa saya tidak kenal," kata dia. Baca berita selengkapnya di sini.

Bukit Duri ditertibkan, petugas dilarang selfie

ILUSTRASI. Warga membongkar rumahnya sendiri sebelum ditertibkan di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Rabu (5/7). Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

ILUSTRASI. Warga membongkar rumahnya sendiri sebelum ditertibkan di kawasan Bukit Duri, Jakarta, Rabu (5/7). Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

Sebanyak 673 personel gabungan diturunkan untuk melakukan penertiban di kawasan Bukit Duri, Selasa 11 Juli 2017. Penertiban dilakukan sebagai bagian dari program normalisasi Kali Ciliwung.

Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi meminta semua petugas yang terlibat dalam pertiban ini bekerja secara serius. “Jangan kebanyakan selfie," kata Tri di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa.

Tri mengatakan penertiban dilakukan untuk menanggulangi banjir. Ia juga mengklaim sosialisasi penertiban telah dilakukan kepada warga setempat. “Ini program Pemprov untuk menanggulangi banjir," katanya.

Kepala Balai Besar Wilayah (BBWS) CIliwung-Cisadane Iskandar berharap program penataan untuk mengantisipasi banjir ini berlangsung secara cepat. Baca berita selengkapnya di sini.

Gempa 5,2 SR guncang Samosir

Foto oleh Claudio Peri/EPA

Foto oleh Claudio Peri/EPA

Gempa dengan kekuatan 5,2 skala Richter (SR) mengguncang Samosir, Sumatera Utara, Selasa pagi sekitar pukul 08:24 WIB. Pusat gempa berada di darat pada 11 km arah timur laut Samosir di kedalaman 153 km.

"Tidak berpotensi tsunami," kata seismologist Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Setyoajie Prayoedhie lewat pesan singkat, Selasa 11 Juni 2017.

Sampai saat ini belum ada laporan mengenai korban dan dampak kerusakan dari gempa tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap