Berita hari ini: Kamis, 9 November 2017

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

%

%

%

%

%

%

%

%

Hello!

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 9 November 2017.

Kapolri bantah lembaganya bocorkan SPDP pimpinan KPK

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (kiri) didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (tengah) dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno mengikuti rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10). FOTO oleh ANTARA/Wahyu Putro

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (kiri) didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (tengah) dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno mengikuti rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10). FOTO oleh ANTARA/Wahyu Putro

Kapolri Jenderal HM Tito Karnavian memanggil penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri terkait penerbitan SPDP terhadap pimpinan KPK Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

"Saya baru datang dari Solo, langsung memanggil penyidik Bareskrim Dirtipidum, mengenai kenapa SPDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan) itu diterbitkan," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Dari penyidik Bareskrim, Tito mendapatkan laporan bahwa kasus itu dilaporkan oleh Setya Novanto pada 9 Oktober lalu. Kapolri juga sudah mendengar penjelasan penyidik mengenai apa yang dilaporkan oleh Setya itu.

Tito memastikan sampa saat ini status Agus Rahardjo dan Saut Situmorang masih terlapor, belum tersangka. “Saya sudah tanyakan betul kepada penyidik, apakah ini statusnya tersangka atau terlapor? Terlapor. Jadi bukan status tersangka," kata Tito.

Mengeai SPDP terhadap Agus Rahadjo dan Saut Sitomorang yang bocor ke publik, Tito memastikan bocoran tersebut bukan berasal dari lembaganya. "Nah yang pelapor ini, mungkin dia yang menyampaikan kepada publik,” kata Tito. Baca berita selengkapnya di sini.

Empat tokoh mendapatkan gelar pahlawan nasional

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh di Istana Negara Jakarta, Kamis 9 November 2017. Pengukuhan gelar pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Keempat tokoh yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional Tahun 2017 yakni Almarhum TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari NTB, Almarhum Laksamana Malahayati dari Aceh, Almarhum Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepri, dan Lafran Pane dari DI Yogyakarta.

Keempat tokoh tersebut dianggap pernah memimpin dan berjuang dengan mengangkat senjata atau perjuangan politik untuk merebut, mempertahankan, mengisi kemerdekaan, dan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Mereka juga dianggap tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan, mengabdi dan berjuang sepanjang hidupnya bahkan melebihi tugas yang diembannya, pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara, hingga pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Baca berita selengkapnya di sini.

Anies: Fasilitas umum di Jakarta belum ramah disabilitas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto oleh Galih Pradipta/ANTARA

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui jika saat ini banyak fasilitas umum di Jakarta belum ramah terhadap disabilitas, ibu hamil dan warga lanjut usia.

"Memang banyak fasilitas-fasilitas umum yang dirancang tidak ramah untuk disabilitas, ibu mengandung dan lansia, nanti akan kita review," kata Anies di Balaikota, Kamis 9 November 2017.

Misalnya jembatan penyeberangan dan halte yang membuat penggunanya agak kesulitan menggunakannya, termasuk fasilitas umum yang ada di Tanah Abang.

"Nanti akan kita review satu-satu. Sedangkan konsep trotoarnya kalau sudah selesai daripada kita imajinasi," kata Anies. Baca berita selengkapnya di sini.

Gempa 5 SR goyang Bali

ILUSTRASI GEMPA. Foto oleh Claudio Peri/EPA

ILUSTRASI GEMPA. Foto oleh Claudio Peri/EPA

Gempa berkekuatan 5 skala richter (SR) menggoyang Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis pagi, sekitar pukul 05:54 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada sekitar 11 kilometer timurlaut Bali, tepatnya di daerah Kubu, Kabupaten Karangasem, dengan titik koordinat 8.26 lintang selatan dan 115.57 bujur timur.

BMKG juga menyebutkankan bahwa gempa tersebut terjadi pada kedalaman sekitar 10 kilometer dengan durasi sekitar 5-10 detik. Getaran gempat juga di beberapa daerah di Bali seperti di Gianyar, Denpasar, Klungkung, Bangli dan Badung.

Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali belum menerima adanya informasi korban jiwa atau kerusakan infrastruktur yang disebabkan getaran gempa tersebut. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Ayo langganan Indonesia wRap